PERAN KKN DALAM PEMASARAN UMKM DI PADUKUHAN SEMANU SELATAN
@ws 10 Februari 2024 21:07:09 WIB
Mahasiswa Mercu Buana Yogyakarta, yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Lapangan (KKN) periode XLIV tahun 2024 dalam melakukan progam kerja yang telah direncanakan sebelumnya. Dimana Mahasiswa melakukan program Kerja dalam memajukan UMKM yang ada di dalam Padukuhan Semanu Selatan.
Berdasarkan hasil wawancara yang sudah dilakukan kepada beberapa Nara sumber yang memiliki usaha UMKM menyatakan Bahwa permasalahan utama yang hadapi ada di Pemasaran. Berdasarkan permasalahan yang sudah di sampaikan diatas, Mahasiswa yang sedang menjalankan KKN memberikan motivasi dan juga jalan keluar dengan memberikan beberapa pemahaman mengenai media - media digital yang bisa digunakan sebagai sarana untuk memperluasan pemasaran usaha yang sedang mereka jalankan.
Kegiatan wawancara yang telah dilakukan oleh Mahasiswa KKN selama 1 minggu dimulai dari tanggal 25 Januari 2024 sampai dengan 1 Februari 2024, terdapat 5 UMKM yang menjadi target program kerja yang telah ditetapkan oleh Mahasiswa. Diantaranya, Peyek dan Kumel (Kulit Melinjo), Sangkar Burung, Keset Kaki, Sablon, dan Mebel.
Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan oleh Mahasiswa diharapkan bisa mengoptimalkan usaha yang sudah dilakukan oleh pengusaha UMKM dalam memperluas pemasaran usaha yang mereka jalankan.
Lebih lanjut Mahasiswa mengharapkan bisa menjadi salah satu contoh yang bisa ditiru oleh pengusaha UMKM lainya, dimana dapat memberikan peluang pengoptimalan pemasaran yang jauh lebih luas dalam mengembangkan peluang usaha UMKM. Dengan begitu diharapkan mampu untuk menghasilkan karya dan juga pendapatan yang lebih baik lagi. Melalui program yang sudah dijalankan oleh Mahasiswa, bisa memberikan dampak positif yang bisa dijadikan sebagai motivasi bagi masyarakat setempat untuk lebih semangat lagi memperluas pemasaran usaha UMKM mereka.
suport by KKN UMBY
Formulir Penulisan Komentar
Pencarian
Komentar Terkini
Statistik Kunjungan
Hari ini | |
Kemarin | |
Pengunjung |